Rabu, 15 Oktober 2014


SOLUSI SUPERKIPS "MACET"

super-kips
Super Kips (Kawasaki Intregate Power System) Merupakan Teknologi Saluran buang tambahan dengan Klep Putar (rotary Valve) yang di gerakkan secara Mekanis.

Superkips Macet atau Nyangkut yaitu Valve superkips yang sudah terbuka secara mekanis pada saat Putaran Mesin tinggi tidak mau kembali Menutup saat Putaran mesin turun / rendah Kembali,,
Gejala superkips macet :
  • Knalpot lembab dan Kasar , 
  • Power mesin Drop.
Adapun Penyebab Utama dari Super Kips Macet adalah Terlalu Sempitannya Liang Valve Super Kips. Penyebab dari terlalu sempitnya liang valve ini disebabkan beberapa hal, antara lain :
1. Adanya Karbon / Kerak sisa Pembakaran
Hal ini biasanya di sebabkan Setingan Campuran Bahan Bakar dan Oli Samping yang lebih Boros dari Kebutuhan Mesin atau sudah Melemahnya Komponen Kelistrikan / Pengapian Motor..
2. Cetakan dan Finising Part yang kurang Sempurna
Hal ini Terbukti dengan Macetnya Super Kips pada Motor-Motor yang Ter golong Masih Baru dan masih Standard Pabrik atau pun Motor-Motor yang jarak tempuhnya masih sangat Rendah..


Menganalisa Penyebab Macetnya Super Kips.
Jika penyebabnya adalah seperti No.1 diatas maka cara mengatasinya :
1. Buka MUR tuas Pemutar Gigi mekanis SKipsnya dengan kunci 10″.

#Ingat!! MUR ini ulirnya Terbalik,, Yaitu putar KE KANAN untuk membuka dan KE KIRI untuk menutup/ mengunci.


2. Buka cover gigi mekanis Superkipsnya dengan Membuka 2 baut (kiri&kanan) kover dengan kunci 10″ juga.


3. Buka cover (congkel dengan obeng (-) di tempat yang sudah di sediakan)..
Setelah di buka akan kelihatan 2 gerigi superkipsnya, Buka MUR pengikat geriginya untuk melepas gerigi mekanisnya dan INGAT MURnya juga putar Ke KANAN untuk Buka seperti pada Mur di tuas pemutar superkips..

Sebelum melepas gigi-2 mekanisnya, perhatikan Betul-Betul tanda ( . ) dan posisi ke -2 gigi tersebut agar tidak salah saat pemasangan kembali..

4. Buka penutup Busing Valvenya dengan buka dulu 2 baut L dngan Kunci L 5 (arah ulirnya Normal)

5. Keluarkan tutup busing valve dngan congkel pake Obeng (-) besar di tempat yang sudah di sediakan(agar tidak rusak/ pecah)

6. Setelah itu baru Keluarkan Valve Beserta Busingnya.
Biasanya ulet/ liat / seret untuk mengeluarkannya,, karena pada busing terdapat O-ring. Keluarkan dengan lembut dngan sistem katrol perlahan, Valve bisa patah kalo di buka secara Kasar..

7. Setelah semua keluar,, segera Bersihkan permukaan Valve-as valve & busingnya sekalian.

8. Gunakan kain yang di olesin Cairan Pembersih (WD).



9. Lumasi pake Oli sebelum di Pasang Kembali..

10. Pasang kembali sesuai posisinya, untuk mempermudah pemasangan, gunakan urutan kebalikan dari langkah pembongkaran.

Jangan lupa setting Ulang Campuran Bahan Bakar dan Oli Samping sesuai kebutuhan Mesin, karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak Baik..


Namun Cara di atas Tidak berlaku bila ternyata Penyebab Macetnya SuperKips adalah No.2, yaitu Permukaan secondary Exhause Port yang Kasar dan kurang Persisi. Apabila di yakini ini penyebabnya, maka yang perlu di lakukan memodifikasi ulang saluran buang tambahan khususnya pada liang Valve Superkipsnya agar Valve dapat berputar (Buka-tutup) secara lancar dan ringan..

Semoga Bermanfaat..

sumber : hourex150l.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar